Senin, 18 Januari 2016

Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sayuran Sederhana Praktis

Resep Nugget Ayam Sederhana - Nugget ayam merupakan salah satu olahan daging ayam yang cukup populer terutama di era modern seperti sekarang ini. Selain lezat, makanan yang satu ini juga merupakan salah satu sumber asupan protein yang baik dan sehat.

Saat ini nugget ayam juga memiliki banyak variasi jika dilihat dari bahan dan resep pembuatannya. Salah satu yang paling populer adalah resep nugget ayam sayuran. Dengan tambahan sayuran, gizi yang terkandung pada nugget menjadi semakin beragam dan tentunya memiliki rasa yang lebih enak.
resep nugget ayam sayuran, cara membuat nugget ayam sayuran, resep nugget ayam sederhana, cara membuat nugget ayam sederhana
ilustrasi : allinfopoint.com
Nugget kini mudah diperoleh dengan harga yang cukup murah. Namun untuk memastikan kebersihan dan kehigienisannya, alangkah baiknya jika kita membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat nugget ayam sederhana sangatlah mudah dengan bahan-bahan yang gampang di peroleh.

Dengan membuatnya sendiri, kita bisa memastikan bahan-bahan yang kita gunakan adalah bahan-bahan pilihan. Selain itu, kebersihan dan kehigienisannya bisa kita kontrol sendiri.

Resep Nugget Ayam Sederhana Ekstra Sayuran

Sayuran yang kita gunakan kali ini adalah wortel. Wortel merupakan sayuran yang kaya gizi dengan rasa yang enak dan cenderung manis setelah dimasak. Dengan dipadukan bersama daging ayam dalam nugget, wortel berfungsi memberi rasa sekaligus menambah tekstur sehingga nugget menjadi lebih enak. Dan untuk bahan-bahan pelengkap lainnya, berikut ini daftar lengkapnya.

Bahan Resep Nugget Ayam Sederhana

  1. 500 gr daging ayam fillet
  2. 200 ml susu cair/santan/air biasa
  3. 50 gr tepung tapioka
  4. 50 gr tepung roti kasar
  5. 1 btr telur, kocok lepas
  6. 2 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  7. 2 btg daun bawang, iris halus
  8. 5 siung bawang putih, haluskan
  9. 4 cm jahe, haluskan
  10. 2 sdt garam
  11. 2 sdt gula pasir
  12. 1 sdt kaldu bubuk
  13. 1 sdt lada bubuk
  14. 1/2 sdt pala bubuk

Bahan Pelapis

  1. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  2. tepung roti kasar secukupnya

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana

  1. Giling daging ayam hingga halus. Selain digiling, kita juga bisa menumbuknya menggunakan lumpang hingga halus atau memblendernya sebentar-sebentar. Jika menggunakan blender, sebaiknya jangan terlalu lumat agar daging ayam masih memiliki tekstur.
  2. Campur daging ayam halus dengan semua bahan seperti tepung tapioka, tepung roti, telur ayam, wortel, daun bawang, bawang putih, jahe, garam, gula pasir, kaldu bubuk, lada bubuk dan pala bubuk. Aduk rata.
  3. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hinga merata. Jika tidak ada susu cair kita bisa menggunakan santan atau bahkan air biasa, sesuai selera dan ketersediaan bahan.
  4. Kukus adonan dalam wadah yang sekaligus menjadi cetakannya hingga adonan matang dan menjadi padat.
  5. Setelah matang, angkat nugget dari kukusan da biarkan hingga agak dingin. Potong-potong nugget dengan ukuran sesuai dengan selera.
  6. Celupkan potongan nugget kedalam kocokan telur kemudian gulingkan diatas tepung roti hingga terselimuti seluruhnya. Lakukan hingga potongan nugget habis.
  7. Simpan nugget didalam freezer selama kurang lebih 1 jam agar tepung roti bisa menempel sempurna setelah itu barulah nugget siap digoreng.
  8. Goreng nugget ayam sayuran diatas api sedang hingga matangdan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat.
  9. Sajikan selagi hangat bersama dengan saus tomat atau saus sambal.
Jika kalian ragu dengan nugget yang ditemui di pasaran baik dari sisi kehigienisan maupun kehalalannya, maka resep nugget ayam sederhana ini bisa menjadi pilihan. Kebanyakan nugget murah yang beredar merupakan 'junk food' karena terbuat dari daging ayam sortiran dan mengandung lebih banyak kolestrol.

Dengan membuatnya sendiri, kita bisa memilih daginya ayam yang baik dan segar sehingga bisa didapat nugget yang enak, sehat dan higienis. Terlebih lagi cara membuat nugget ayam sederhana sangatlah mudah sehingga bisa kita buat sembari bersantai atau sekedar mengisi waktu.

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sayuran Sederhana Praktis
4/ 5
Oleh